Zhong Shanshan si ‘Lone Wolf’ Geser Jack Ma dari Orang Terkaya di China

JAKARTA – Pendiri Alibaba Group Jack Ma kesimpulannya lengser dari orang terkaya dalam China. Pasalnya, hal ini dikarenakan anjloknya saham-saham di sektor teknologi, termasuk Alibaba Group.

Dirinya tersalip oleh pembuat perusahaan air dalam kemasan botol dan galon Nongfu Spring, yaitu Zhong Shanshan. Dirinya juga chairman perusahaan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co.

Patuh Bloomberg Billionaires Index, kekayaan suci Zhong Shanshan mencapai USD58, 7 miliar atau Rp873 triliun (Kurs Rp14. 872 per USD) atau lebih banyak USD2 miliar dari Jack Ma. Jack Ma sendiri mencatat kekayaannya sebesar USD56, 5 miliar atau Rp840, 27 miliar.

Dirinya juga dijuluki ‘Lone Wolf’ karena miliarder yang menghindari politik dan gerombolan bisnis besar.

Kekayaan Zhong telah menggila USD51, 9 miliar pada tahun 2020, lebih dari siapa biar di dunia kecuali Jeff Bezos dari Amazon. com Inc, serta Elon Musk dari Tesla Inc. Keduanya mengalami penurunan tajam di hari Rabu karena saham teknologi tersandung dan Tesla jatuh sesudah acara “Battery Day” tidak serasi harapan. Kekayaan Musk turun hampir USD10 miliar.

Baca selengkapnya: Geser Jack Ma, Pengusaha Air Galon Maka Orang Terkaya China

(rzy)