Pulihkan Ekonomi dari Resesi, Bagaimana Caranya?

JAKARTA – Hari ini, Awak Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020. Sejumlah ekonom memprediksi kalau perekonomian Tanah Air akan jatuh ke jurang resesi. Ini sebab kuartal sebelumnya tercatat pertumbuhannya minus 5, 32%.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno meminta kepada negeri untuk membantu memberikan jangkauan UMKM dalam mendapatkan akses pasar secara luas. Sebab, kelompok usaha tersebut bakal mampu mendongkrak perekonomian Tanah Air.

Baca Juga:   Trump atau Biden yang Lebih Menguntungkan Ekonomi Indonesia?

“Sektor yang harus tetap diperkuat dalam menghadapi Pandemi ialah UMKM. Caranya adalah dengan menolong akses pasar UMKM lebih luas baik di tingkat lokal maupun jika bisa sampai ke level internasional, ” kata dia di keterangan tertulis, Kamis (5/11/2020).

Menurutnya, bentuk dukungan memperluas akses pasar di antaranya mampu dilakukan dengan menempatkan produk UMKM di jaringan ritel nasional maupun internasional.

“Semakin besar akses pasar, semakin kuat UMKM bertahan dalam menghadapi Pandemi itu, ” katanya.

 

Dia mengimbau, tenaga kerja pada Indonesia harus dapat beradaptasi secara kemajuan teknologi informasi. Menurut dia, perkembangan zaman mengharuskan tenaga kegiatan harus dapat menguasai dunia digital atau digitalisasi.

“Kami merasa tantangan terbesar tenaga kegiatan saat ini itu masalah optimalisasi dan digitalisasi. Skill penting biar tenaga kerja adaptasi dengan kemajuan, ” katanya.