Ngeri! Ini Dampak Gerai Ritel Modern Tutup, PHK Massal di Depan Mata

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

JAKARTA – Bisnis ritel di Indonesia berguguran kelanjutan pandemi Covid-19. Banyak ritel terpaksa menutup gerainya karena tak sanggup menahan beratnya beban di tengah pandemi. Bahkan, raksasa ritel modern pun dibuat tidak bergaya, seperti Giant yang bakal menutup seluruh gerai di Indonesia pada Juli 2021.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengungkapkan bahwa ditutupnya gerai ritel modern dapat menyampaikan multiplier effect yang tumbuh.

“Ditutupnya amben ritel modern dapat menyampaikan multiplier effect yang luhur, ” katanya kepada MNC Portal Indonesia , Selasa (25/5/2021).

Baca Selalu:   Ramalan Mengerikan Ritel Modern dalam 6 Kamar ke Depan 

Roy memaparkan buah buruk jika banyak gerai ritel ditutup. Pertama, negeri akan kehilangan investasi. Ke-2, akan terjadi pemutusan ikatan kerja secara besar-besaran.

“Adanya PHK besar-besaran sehingga kehilangan daya kulak masyarakat yang berdampak dalam pertumbuhan ekonomi, ” katanya.

Kemudian, mau mematikan UMKM. Pasalnya banyak UMKM yang mengandalkan ritel modern untuk memperdagangkan produknya.

“Barang-barang dengan dibuat oleh UMKM jika tidak ada toko atau gerainya ya mereka suka berjualan dimana. Ada tujuh juta UMKM yang diserap oleh anggota – anggota Aprindo, ” katanya.