Kontraktor Ini Kuasai Proyek di Nusantara

JAKARTA – Kontraktor dari Jawa masih menguasai proyek di Indonesia. Hal ini menjadi ketimpangan di dalam bidang jasa konstruksi yang harus segera diatasi.

Sebab gambar piramida terbalik Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), terlihat sekitar 1% dari kontraktor kualifikasi besar menikmati 85% proyek dengan ada di seluruh tanah air.

Kondisi semakin diperparah oleh ngarai antara kontraktor di Jawa & NonJawa. Bahkan banyak proyek tumbuh di luar Jawa dimenangkan oleh kontraktor dari Jawa.

Ketua Umum BPD Gapensi Jatim H Agus Gendroyono menilai, penyelesaian jangka pendek dan jangka panjang. Dia berharap lembaga yang saat ini sedang dibentuk pemerintah yaitu Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) mampu memainkan peranan penting untuk melahirkan mimpi itu.

“Optimalisasi LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) harus segera dilakukan dengan menyatukan tender berbasis kinerja penyedia terhadap semua stakeholder. Integrasi rantai pasokan ber SNI, peralatan kerja dengan efisien dan berstandar tinggi kesejahteraan, dan lain sebagainya, ” sambungnya.

  Mengaji Selengkapnya: Kontraktor Besar dan Pokok dari Jawa Menguasai Proyek di Indonesia

(fbn)