Jokowi Bawa Kabar Baik, Ekonomi MENODAI ke Arah Positif

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

JAKARTA kepala Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sinyal positif perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19 telah semakin sahih terlihat.

Hal ini merupakan hasil kerja status seluruh pihak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang terdampak di periode pandemi ini.

Jokowi menerangkan, dalam kuartal II-2020, ekonomi Indonesia merasai kontraksi -5, 32% dan di dalam kuartal III-2020 perekonomian nasional terkontraksi di -3, 49% atau sudah melewati titik terendahnya.

“Titik balik menuju pulih. Tren positif membaik, dan secara momentum ini saya yakin kita akan bergerak lagi ke ajaran positif di triwulan keempat dan seterusnya, ” ujar Jokowi di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020 secara virtual, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga:   Didukung Sisi Produksi & Seruan yang Makin Baik, Menko Airlangga: Pemulihan Ekonomi Kian Nyata 

Sejalan dengan perbaikan ekonomi nasional, Jokowi menyebut bahwa industri pengolahan yang merupakan kontributor terbesar PDB juga menunjukkan perubahan di Oktober 2020.

“Perbaikan didukung oleh peningkatan impor bahan baku dan barang modal di bulan Oktober. Penimbang perdagangan yang mengalami surplus USD8 miliar di triwulan ketiga 2020 turut mendukung ketahanan sektor eksternal, ” kata dia.