Jangan Jadi Kacang Lupa Kulitnya, Diaspora Harus Bela Negara di Sektor Kelautan serta Perikanan

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

JAKARTA berantakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengundang seluruh masyarakat Indonesia yang tengah berada di luar negeri, khususnya para diaspora yang berada di Amerika Serikat untuk terus karakter kebangsaan serta membela Negeri melalui sektor kelautan dan perikanan .

Hal itu disampaikan Menteri Trenggono era menghadiri dialog yang digagas oleh sebuah organisasi kemasyarakatan Indonesia yang berada dalam Amerika Serikat bernama Amerika Bersatu.

“Kita harus terus menumbuhkan mengalami bela negara, memikirkan dengan jalan apa Indonesia bisa maju, membawa nama Indonesia dengan berbagai cara, melalui aktivitas bisnis, salah satunya bisa diimplementasikan di sektor kelautan & perikanan, jadi bukan sekedar jargon semata, ” perkataan Trenggono pada dialog dengan diikuti secara virtual, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga:   Kejar PNPB, Menteri KKP Jaga Ketat Ekonomi Ruang Laut 

Dia juga menjelaskan dua instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk sektor kelautan & perikanan yaitu pengembangan perikanan budidaya dan membangun hubungan dengan nelayan.

“Saya menerjemahkan arahan Kepala tersebut ke dalam tiga program terobosan Kementerian Bahari dan Perikanan (KKP) tarikh 2021-2024, yang pertama, pengembangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sub-sektor perikanan tangkap, yang salah utama tujuannya adalah untuk pengembangan kesejahteraan nelayan, Pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung oleh riset kelautan dan perikanan, dan yang terakhir Pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya tawar, masin dan laut berbasis kearifan lokal, ” ungkap tempat.

Menteri Trenggono berharap melalui tiga program terobosan tersebut, KKP bisa rebound, melejit, menjadi kementerian yang luar biasa. Pada mana langkah nyata yang dilakukan KKP untuk melahirkan kesejahteraan nelayan. Untuk kalender peningkatan PNBP dari sub-sektor perikanan tangkap, hasil program terobosan ini akan diturunkan kembali untuk peningkatan ketenteraman nelayan.

“Salah satunya yang sudah kami skemakan adalah program cagaran sosial. Selama ini program jaminan sosial hanya meliputi asuransi kecelakaan dan kematian, ke depannya Insya Tuhan akan ada asuransi kesehatan tubuh dan jaminan hari tua untuk melengkapi dua asuransi sebelumnya. Perlindungan dan pengembangan kesejahteraan nelayan juga menjadi prioritas capaian KKP, ” terang Menteri Trenggono.