Jangan Berani Ngutang jika 2 Hal Ini Tak Bisa Dipenuhi

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

JAKARTA – Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Mike Rini mengungkapkan dua hal yang harus dipenuhi ketika memutuskan berutang. Hal ini perlu diketahui supaya bisa melunasi utang nantinya.

Pertama, kebutuhan apa yang diperlukan hingga harus berutang. Kedua, seseorang harus bisa membayar utang tersebut. Menurut Mike, jika dua hal tersebut tidak terpenuhi, sebaiknya tidak mencoba untuk berutang.

Baca Juga: 3 Tips Investasi Reksa Dana bagi Pemula

“Pertama, ada kebutuhannya dulu ga ngutang. Yang kedua, bisa bayarnya ga? Kalau dua itu tidak terpenuhi, jangan coba-coba ambil utangan ya. Baik utang melalui bank, online, ataupun fintech,” katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Mike menjelaskan, seseorang bisa berutang apabila memang ada kebutuhannya. Adapun kebutuhan yang dimaksud bukan untuk kebutuhan konsumsi, seperti untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Banyak Masyarakat Mulai Investasi saat Pandemi Covid-19

“Kebutuhannya juga tergantung kasusnya apa. Kalau kebutuhannya hanya untuk konsumsi ya, misalnya membeli kebutuhan pokok sehari-hari seperti belanja dapur. Itu disarankan jauhi berutang untuk kebutuhan sehari-hari,” jelas dia.