Intip 4 Skenario Masa Depan Perbankan

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah mendorong percepatan digitalisasi di sektor perbankan. Saat ini, perbankan gencar melakukan transformasi digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan efisiensi.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani mengatakan, bank yang tidak siap dengan digitalisasi akan mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 masyarakat mulai merasa nyaman menggunakan layanan digital bank.

“Dengan pandemi yang cukup panjang ini orang mulai keenakan menggunakan bank digital. Namun apakah bank konvensional akan berakhir dengan bank digital?,” ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (10/8/2021).

Baca Juga: Rush Money di Myanmar! Nasabah Sulit Ambil Duit, Antre di ATM dari Subuh

Menurut dia, ada empat skenario masa depan bank. Skenario pertama, bank melakukan adaptasi dengan merestrukturisasi platform dan proses teknologi informasi mereka untuk mempertahankan nasabah.

Baca Juga: BI Tambah Likuiditas Perbankan Rp833,9 Triliun selama Pandemi

“Jadi benar-benar memanfaatkan asetnya untuk memperbaiki platform dan teknologinya untuk mempertahankan nasabah,” ungkapnya.