Inspirasi Bisnis Fesyen, Intip Analisis Usahanya

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

JAKARTA kepala Bisnis di sektor ekonomi kreatif terus mengalami perkembangan, bahkan di tengah status sulit karena pandemi Covid-19. Salah satu subsektor ekonomi kreatif yaitu industri dalam bidang fashion. Salah kepala cara untuk berusaha pada bidang fashion adalah menjadi fashion desainer.

Satu hal yang istimewa untuk diingat, menjalankan bisnis ini adalah harus tetap mengikuti trend fashion yang sedang berkembang. Jika tidak, maka hasil rancangan dengan dibuat akan terkesan arkais dan ketinggalan zaman. Artinya, ide harus selalu diperbaharui.

Baca Juga: Menperin Pamer Kekuatan Pabrik Fesyen Muslim Indonesia

Bagaimana mengasaskan dan menjalankan bisnis sebagai seorang fashion designer ataupun perancang busana? Simak pembahasannya berikut ini, dikutip sebab buku Ide-Ide Usaha buat Freelancer di Bidang Industri Kreatif karya JUD, Sabtu (26/6/2021).

Fashion designer sebenarnya bukanlah usaha, tetapi lebih merujuk kepada pelaku bisnis. Fashion designer merupakan orang yang kreatif dan profesional yang mereka busana dengan pola dengan spesifik, untuk tujuan yang spesifik, dan pasar yang spesifik pula. Sementara bisnisnya disebut sebagai fashion design.

Baca Juga: Rugi Rp5, 25 Triliun, Levi’s Akan Pangkas 700 Pekerjaan

Bisnis fashion design merupakan suatu bisnis dengan berhubungan dengan proses penyediaan pola atau model busana. Secara umum bisnis tersebut memiliki cakupan yang luas. Jenis busana yang dirancang bisa beraneka ragam, misalnya gaun pengantin, kebaya, gaun malam, celana, dan lain sebagainya.

Modal yang diperlukan dan kudu dipersiapkan para fashion designer ada beberapa hal, yaitu pengetahuan mengenai mode disertai keahlian dan keterampilan dengan mumpuni di bidang tersebut, kreativitas dalam merancang busana, dan wawasan mengenai jalan mode.