Harga Minyak Dunia Naik 4%, Tembus Level Tertinggi

JAKARTA – Harga minyak melonjak sekitar 4% pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB). Harga minyak menyentuh kelas tertinggi yang tidak terlihat sejak Maret, saat vaksin Virus Corona ketiga yang menjanjikan meningkatkan jalan untuk pemulihan permintaan bahan mengobarkan dan Presiden terpilih AS Joe Biden memulai transisinya ke Gedung Putih.

Mengucapkan juga: Harga Minyak Tergelincir, Investor Khawatir Akan Prospek Permintaan

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari ditutup di dalam USD47, 86 per barel, terangkat USD1, 80 atau 3, 9%. Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) menggila USD1, 85 atau 4, 3%, menjadi menetap di USD44, 91 per barel. Kedua acuan sudah pada penutupan tertinggi sejak 5 Maret, dilansir dari Antara, Rabu (25/11/2020).

AstraZeneca di dalam Senin (23/11/2020) mengatakan vaksin COVID-19-nya 70% efektif dalam uji coba dan bisa efektif hingga 90%, memberikan vaksin potensial lain buat memerangi pandemi setelah hasil pasti dari Pfizer-BioNTech dan Moderna.

 

Namun vaksin tersebut tidak akan tersedia selama kira-kira bulan yang berarti orang kemungkinan akan membatasi perjalanan dan aksi lain hingga tahun depan buat mencoba memperlambat penyebaran penyakit.

“Kompleks bahan bakar patra adalah perdagangan vaksin, ” kata John Kilduff, partner di Again Capital di New York. “Sampai kita bisa melihat sisi lain dari pandemi, pasar akan terbenam dalam permintaan yang kendur yang akan membuat ketergantungan meluas, ” katanya.

Pandemi Virus Corona, ditambah dengan runtuhnya koalisi produksi yang dipimpin OPEC, mewujudkan harga jatuh pada Maret.