Gelagapan Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Jalan Menyiasatinya

JAKARTA – Seringkali ruang pada bawah tangga di panti diabaikan. Tak sedikit pula dibiarkan kosong begitu saja, atau bahkan dijadikan tempat menumpuk barang yang tidak digunakan.

Padahal, ruang tersebut dapat difungsikan dengan maksimal. Selain itu selalu menjaga estetika ruang dalam panti.

  Baca juga: Begini buat Rumah Jadi Terang Tanpa Banyak Lampu

Seperti melansir dari buku “34 Inspirasi Ruang Bawah Tangga” oleh Ir. Lubab, MT, Ira Humairo, Rizky Ananda Putri Inaray, Jakarta, Minggu (30/8/2020), berikut ini ialah beberapa inspirasi ruang bawah tangga:

1. Bag Hanger

Jika gemar mengoleksi tas, tetap tidak akan melewatkan tren dengan muncul. Pemanfaatan ruang bawah tangga sebagai penyimpanan koleksi tas sanggup menjadi solusi.

  Baca juga: Ingin Membuat Perpustakaan Mini di Rumah? Menghormati 4 Hal Ini

Rak kecil dipasang mem dan diberi penutup agar tas tidak gampang berdebu, mudah dicari, dan memiliki nilai estetika. Tambahkan gantungan di lemari untu terbengkalai tas berukuran kecil.

Warna dominan yang dipilih adalah warna netral, seperti cokelat tua, putih, dan krem buat memberikan kesan lebih luas. Rak-rak tersebut juga dapat digunakan untuk menyimpan troli atau trunk serta berbagai case lainnya pada bagian-bagian yang ada.

2. Playhouse Pirate

Ruang khusus bermain bagi anak yang memanfaatkan kawasan di bawah tangga dapat beraneka macam desainnya. Hal ini bergantung keinginan dan selera penghuni. Dengan konsep bajak laut, ruang ini sanggup disulap menjadi mirip kabin kapal bajak laut.

Penutup ruangan didesain berbentuk pesawat sekaligus sebagai pintu. Perbedaan luhur ruangan bawah tangga dengan tempat lainnya yang dapat dikreasikan seolah menjadi ombak, sedangkan ornamen asing seperti peti harta karun diletakkan di sudut untuk memperkuat tema.