Eyang Nenek Terkaya di Indonesia, Pendiri Kalbe Farma Juaranya

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

JAKARTA kacau Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Di daftar tersebut, ada sejumlah miliarder yang tercatat memiliki usaha lulus sepuh, hampir mencapai 100 tarikh.

Seperti dilansir sejak Forbes, Jumat (11/12/2017), berikut itu daftar miliarder paling tua di Indonesia:

1. Harjo Sutanto

Usia Harjo kini telah menginjak 94 tarikh. Kekayaan bersih dia tercatat USD 530 juta. Dengan harta sebesar itu dia menempati peringkat 48.

Bersama Johannes Ferdinand Katuari, Harjo Sutanto mulai berjualan sabun door-to-door lebih dari 60 tahun yang lalu di Jawa Timur.

Menyuarakan Juga: Bos Tolak Angin Sanggup Cuan Besar, Kini Hartanya Meroket Jadi Rp21, 8 Triliun

Saat ini Wings adalah salah satu produsen bubuk dan perlengkapan rumah tangga terbesar di Indonesia seperti pembersih ruang, deterjen, dan pembalut wanita.

Putra Katuari, Eddy, mengambil alih pembuat peralatan rumah tangga Wings pada tahun 2004, setelah kematian ayahnya.

Mie Sedaap-nya adalah pembuat mi masyhur yang dijual di banyak negara. Dia juga memiliki waralaba Nusantara untuk pengecer Jepang FamilyMart.

 

2. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Lim menjadi satu diantara miliarder yang berusia 92 tahun. Dia memiliki kekayaan sebesar USD960 juta. Dia tercatat menempati orang terkaya dengan urutan 32.

Lim dan keluarganya memiliki saham mayoritas di produsen minyak sawit Bumitama Agri yang terdaftar pada Singapura; Perkebunannya berlokasi di Indonesia.

Putranya Lim Gunawan Hariyanto adalah ketua dan CEO Bumitama Agri. Grup Harita hak keluarga juga memiliki mayoritas kongsi tambang bauksit yang terdaftar, Keinginan Mineral Investindo.

Ayah Lim beremigrasi dari Tiongkok ke Kalimantan Timur dan dilaporkan membuka toko kelontong pada tahun 1915.

Putri Christina merupakan komisaris utama perusahaan sekuritas Harita Kencana Sekuritas.

Baca Juga: Menghitung Kekayaan Srikandi Terkaya di Indonesia

3. Mochtar Riady

Mochtar Riady merupakan salah satu konglomerat tertua dengan umur 91 tahun. Tempat menempati posisi 21 dengan jumlah kekayaan sebesar USD1, 7 miliar.

Dia adalah pembuat grup Lippo yang terdiversifikasi, yang sekarang dijalankan oleh putra James dan Stephen.

Hadir di Jawa Timur, Riady membuka toko sepeda pada usia 22 tahun dan membangun karier perbankan yang sukses hingga krisis keuangan Asia 1997.

Saat ini kepentingan grup Lippo mengungkung real estat, ritel, perawatan kesehatan, media, dan pendidikan.

Putra Riady, Stephen, menjalankan kongsi properti Singapura OUE, yang di Juli 2020 setuju untuk menjajakan Menara Bank A. S. dengan ikonik di pusat kota Los Angeles.

Grandson John, MBA dari Wharton, adalah CEO Lippo Karawaci.