BPS Ungkap Dampak Pelarangan Mudik pada Ekonomi RI

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

JAKARTA – Pemerintah menguatkan melarang aktivitas mudik Lebaran tahun ini untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Tetapi kebijakan tersebut akan mempengaruhi konsumsi rumah tangga dengan memiliki sumbangan terbesar kepada Produk Domestik Bruto (PDB).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan konsumsi rumah tangga bisa menyumbang 56, 9% ke PDB. Dengan adanya larangan mudik, sejumlah bagian konsumsi keluarga yang lazimnya mengalami peningkatan akan terdampak.

Baca Juga:   Kekangan Mudik Berlaku 6 Mei, Antisipasi Hal Ini biar Tak Terjadi Ledakan Kejadian Covid-19

“Ketika Lebaran harusnya ada peningkatan konsumsi makanan minuman, pakaian baru, harusnya ada konsumsi transportasi mudik, yang kalau dia berhenti tersebut akan berdampak signifikan ke konsumsi famili, ” kata pendahuluan dia dalam video maya, Kamis (5/5/2021)

Menurutnya, larangan mudik serupa akan membatasi pengeluaran transportasi, rekreasi, hotel, dan restoran yang biasanya meningkat. Padahal komponen ini memiliki porsi hampir 25% terhadap penggunaan rumah tangga, sehingga dampaknya akan sangat terasa.

Baca Selalu:   18 Juta Orang Diprediksi Tetap Mudik Lebaran meski Dilarang

“Kalau kita jumlahkan, share ketiga ini ke konsumsi rumah tangga dekat 25% dari total konsumsi rumah tangga, sehingga dengan keseluruhan larangan mudik akan berpengaruh ke konsumsi rumah tangga, ” ungkapnya.