Besok Mal Ditutup, Pekerja: Gaji Saya Jadi Berkurang

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

JAKARTA PPKM darurat berlaku mulai besok 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Salah satu aturan dari PPKM darurat tersebut menutup pusat perbelanjaan atau mal.

Hal tersebut berdampak pada pelaku usaha yang menyewa lapak di dalam mal. Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di Mal Summarecon, Bekasi tampak stand-stand penjual sepi.

Menurut salah satu pegawai tenant baju, Lia (20), penutupan mal mengakibatkan penjualan baju yang seharusnya dijual di mal harus beralih pada lapak digital alias penjualan secara online.

“Karena mal ini tutup, jadinya saya diminta untuk jualan online. Lebih enak jualan langsung dibandingkan online. Kalau misalnya jualan di stand booth mal kayak gini kan pasti setiap hari pasti ada saja yang beli. Kalau online belum nentu,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga: Tidak Tutup, Supermarket dan Restoran di Mal Masih Boleh Buka Selama PPKM Darurat 

Hal ini juga berdampak pada penurunan pendapatannya. Pasalnya, pendapatan hasil kerja Lia diperoleh dari jumlah baju yang dijual.

“Kalau jualan online pendapatan saya jadi berkurang. Soalnya gaji saya dihitung dari jumlah baju yang saya jual. Sementara kalau jualan langsung kan lebih mudah menawarkannya,” ungkapnya.

Sementara itu, nasib serupa juga dialami oleh salah satu pegawai tenant tas kulit, Rudi (25) yang mengungkapkan kepedihannya karena harus menjualkan barang dagangannya secara online. Dia pun juga menyampaikan bahwa beberapa rekannya ada yang dirumahkan sementara selama mal belum dibuka.

“Tas-tas ini mau tidak mau nanti kita jualkan di online. Beberapa rekan saya juga ada yang dirumahkan sementara,” ucap Rudi.