Antisipasi Calo SKD CPNS 2021, Peserta Wajib Lakukan Ini

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

JAKARTA – Seleksi CPNS 2021 tentu sangat berbeda dibandingkan seleksi pada tahun sebelumnya. Seleksi CPNS tahun ini dilakukan di tengah pandemi dengan sistem yang disesuaikan.

Meski demikian, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen tetap mengantisipasi kemungkinan adanya calo pada SKD CPNS. Hal ini mengingat pada tahun sebelumnya sempat ada praktik calo seleksi CPNS di Medan.

“Misalnya di Medan itu registrasi di awal benar orangnya adalah si A. Dia melakukan registrasi dan dia mendapatkan PIN tetapi kemudian setelah mendapatkan PIN dia tidak masuk ke ruangan steril tapi kembali ke kendaraan yang menunggu. Karena wajahnya agak mirip-mirip jadi di kendaraan itu berganti dengan calonya,” kata Suharmen.

Oleh karena itu, peserta pun diwajibkan melakukan face recognition saat SKD mendatang. Namun berbeda dari sebelumnya yang hanya ada saat registrasi, tahun ini juga dilakukan saat log in ke sistem sistem computer assisted test (CAT) milik BKN.

“Jadi di dalam sistem seleksi ini pada saat mereka log ini akan melakukan face recognition. Jadi mereka akan membuka maskernya sebentar sebelum mereka bisa log in. Nanti sistem akan mendetect apakah wajahnya benar atau tidak. Itu hitungannya detik saja di situ,” ungkapnya.

Baca Selengkapnya: Antisipasi Calo Tes SKD CPNS 2021, Peserta Wajib Pakai Face Recognition

(fbn)