8 Jenis Vaksin Covid-19 Masuk Tes Klinis Tahap III

JAKARTA porakporanda Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir Mengatakan, pihaknya menggunakan desain menggandeng perusahaan Sinovac untuk memacu produksi vaksin yang ditargetkan bakal distribusikan pada akhir 2020.

“Saat ini sudah ada 8 vaksin yang masuk dengan sudah masuk ke tahap III. Dan kita sedang melakukan kegiatan sama dari salah satu vaksin itu yaitu Sinovac, ini untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek buat memenuhi keinginan pemerintah untuk menetapkan mata rantai virus ini, ” ujar Honesti dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Dalam strategi jangka pendek, pihaknya juga bakal menggandeng sejumlah perusahaan farmasi terkemuka di dunia. Sementara, untuk jangka panjang, Bio Farma akan membikin vaksin Merah Putih. Pada periode ini, Bio Farma akan berkolaborasi dengan Lembaga Biomolekuler Eijkman dengan akan menggunakan strain virus asli Indonesia.

Di samping itu, pada semester pertama 2021, penelitian akan dilanjutkan Bio Farma dari mulai uji pra klinis, uji Klinis tahap I, II dan III yang kemudian untuk diregistrasikan ke Badan POM. Secara demikian, ditargetkan pada kuartal III dan kuartal IV 2022 vaksin Merah Putih akan dikomersialkan secara keseluruhan.

Baca Selengkapnya: Bio Farma Sebut Ada 8 Jenis Vaksin Covid-19 Sudah Meresap Uji Klinis Tahap III

(kmj)