8 Cara Jitu Menata Perabotan Vila agar Terlihat Cantik

JAKARTA – Sebagai salah satu elemen interior, keberadaan furnitur semestinya dapat menaikkan estetika visual di dalam suatu ruangan. Oleh sebab itu, pemilihan dan penataan furnitur harus mengingat suasana dan tema yang mau dihadirkan dalam ruangan.

Kejelian dalam memilih furnitur tunggal meliputi pemilihan material, warna, serta bentuk dengan detail-detail yang sangat menentukan keindahan interior ruang itu sendiri. Adapun perlunya menggunakan kreativitas dalam memadukan pilihan bentuk perabot dan ruang yang tersedia.

Adapun tips-tips berikut ini yang dapat dikerjakan dalam menata furnitur di suatu ruang seperti dilansir dari sendi Solusi Interior Kreatif oleh Tim Penulis Griya Kreasi, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Menyuarakan Juga: Begini 5 Cara Desain Carport agar Mobil Aman

Pertama, menata furnitur dengan efisien.

Satu diantara bentuk efisiensi di penataan ruang dapat diciptakan menggunakan konsep island, yakni menempatkan perabot yang bisa dipindah (movable) secara terpisah di tengah-tengah ruangan.

Misalnya, furnitur yang berkelakuan permanen seperti kitchen set ditempatkan di sisi-sisi ruangan, mengelilingi furnitur yang movable seperti meja serta kursi makan.

Baca Juga: Bisa Jadi Wadah Kumpul, Begini Buat Balkon Tampak Luas

Kedua, furnitur multiguna di bagian multifungsi.

Pada rumah dengan luasan terbatas, penerapan ruang dan furnitur yang multifungsi merupakan solusi cerdas untuk mengikhtiarkan kebutuhan yang ada. Ruang tamu, misalnya, tidak mesti berupa ruangan tersendiri, tetapi dapat digabung secara ruang duduk, terutama jika frekuensi tamu yang datang tidak terlalu sering.

Selain itu, furnitur yang memiliki fungsi ganda seperti meja yang sekaligus berfungsi sebagai storage juga akan menghemat ruang.

Ketiga, estetika pada sudut ruang.

Tak sekedar mendahulukan fungsi, penempatan furnitur tentu selalu harus mempertimbangkan aspek estetika. Dalam ruangan yang menyudut, penggunaan perabot multifungsi berbentuk L dapat menciptakan efisiensi ruang sekaligus menghadirkan bentuk yang unik.