6 Tips Bisnis Kerajinan Kulit

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

JAKARTA – Bisnis kerajinan kulit bidang fashion di tanah air kini sudah dapat diadu dengan produk impor. Para perajin kulit generasi muda terus tumbuh berkembang. Perkembangannya signifikan baik dari kreativitas hingga kualitas produk kulit tersebut.

Secara ragam produk juga semakin berkembang tidak hanya sebatas sepatu atau ikat pinggang kulit. Para perajin juga tidak lagi didominasi daerah-daerah sentra kerajinan kulit tapi juga di kota besar.

Baca Juga: Perencanaan Usaha Budidaya Unggas Petelur

Salah satu perajin kulit muda adalah Muhammad Abie sebagai pemilik brand, Electi Leather, di Depok. Dirinya merintis usaha tersebut sejak 2019 dengan modal awal hanya Rp 450 Ribu. Uang tersebut untuk modal membeli setengah lembar kulit sapi jenis pull up leather dari Cibaduyut. Bermodal keyakinan dia pun langsung mengolah sendiri kulit sapi tersebut hingga menjadi sebuah tas kecil. Namun seiring berjalannya waktu produknya berkembang mulai dari dompet, card holder, gesper, clutch, hingga produk duffel bag.

Dari pengalamannya tersebut kini dia membagikan tips-tips bagi yang minat memulai usaha kerajinan kulit sebagai berikut.

Baca Juga: Alasan Kenapa Harus Membuat Catatan Keuangan Usaha

1. Pastikan kamu sudah mantap memilih style produk kulit yang kamu inginkan atau sesuai dengan passionmu. Umumnya ada kategori style yang biasa dipilih yaitu rustic dan elegan. Karena bila sudah mulai melakukan produksi akan ada godaan untuk berganti style. Risikonya bisa galau memilih yang sesuai minat dari awal atau mengikuti tren. Ujungnya hasil akhir produk tidak maksimal dan bisnis tidak berjalan optimal.

2. Berinvestasi pada peralatan yang bermutu bagus. Karena menurutnya peralatan kerajinan kulit yang bermutu tentu lebih mahal harganya. Namun jangan sampai karena bermaksud irit namun mengorbankan produk akhirnya. Dengan menggunakan peralatan berkualitas tinggi hasilnya akan lebih baik, presisi, dan meminimalisir kesalahan bekerja. Dia mencontohkan alat krusial yang wajib dengan kualitas tinggi yaitu garpu membuat lubang atau prong kulit.