5 Fakta Menarik BLT Gaji Subsidi Gelombang 2 Cair Akhir Oktober

JAKARTA – Pemerintah sedang mempersiapkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji Rp1, 2 juta gelombang kedua. Direncanakan pencairan akan dimulai pada akhir Oktober atau awal November 2020.

Saat ini pemerintah sedang melakukan evaluasi lebih dulu penyaluran BLT subsidi gaji gelombang pertama. Di mana dari target 15, 7 juta pekerja yang akan diberikan subsidi, hanya 11, 9 juta yang menerima.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait BLT subsidi gaji gelombang kedua, Sabtu (17/10/2020):

1. Gelombang ke-2 Dikirim Akhir Oktober

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerangkan, penyaluran kepada 11, 9 juta pekerja merupakan termin pertama atau gelombang pertama.

“Kami targetkan termin II mulai disalurkan pada akhir Oktober 2020 atau paling lambat penyalurannya akan dimulai awal November nanti, ” ujarnya.

2. Evaluasi Sebelum Gelombang ke-2 Dimulai

  Menaker mengatakan, nantinya akan dilakukan evaluasi setelah penyaluran tahap kelima di termin pertama ini selesai. Karena, dari alokasi dana untuk subsidi gaji sebesar Rp37, 7 triliun untuk 15, 7 juta pekerja. Sampai batas akhir penyerahan data penerima yang disampaikan BPJS Ketenagakerjaan hanya mencapai 12. 272. 731 pekerja atau buruh.

3. Gelombang I Hanya 11, 9 Juta

Pemerintah telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa subsidi gaji Rp1, 2 juta kepada 11. 950. 300 pekerja. Rencananya penyaluran gelombang kedua akan dilakukan setelah pemerintah selesai mengevaluasi penyaluran termin pertama atau gelombang pertama.