4 Inspirasi Desain Kamar Ala Kampung Sakura

JAKARTA berantakan Desain kamar tidur ala Jepang dikenal dengan gaya minimalis dan sederhana. Selain itu, kultur budaya Jepang juga tercermin dalam kecintaannya terhadap alam, sehingga tema tempat juga tidak jarang diimplementasikan di dalam desain kamar.

Jika tertarik untuk mendesain kamar secara tema budaya Jepang, berikut ialah sejumlah inspirasi yang dapat dimanfaatkan seperti dilansir dari buku Daerah Tidur Pilihan oleh Architecture Writer Imelda Akmal, Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: Tanam di Rumah, Begini 5 Cara Menanamkan Pohon Rambutan agar Manis

1. Penampilan

Inspirasi kebiasaan dan filosofi Jepang yang sederhana namun bersahaja sangat terasa dalam kamar ini. Kuncinya antara lain desain furnitur yang minimalis lantaran bahan alami serta paduan warna gelap dan terang.

2. Warna

Warna gelap dan nyata seperti dalam konsep keseimbangan Zen berpengaruh dalam semua aspek kehidupan orang Jepang. Termasuk warna interior ruangan. Keseimbangan gelap dan sah ini bisa diaplikasikan melalui padanan warna-warna kayu, bahan tekstil, & lain-lain.

3. Tempat Terbaring

Selain warna, tempat tidur menjadi elemen yang membuat karakter kamar. Model tempat terbaring terinspirasi dari kebiasaan orang Jepang yang tidur di lantai secara menggunakan kasur yang baru digelar ketika akan dipakai, atau bisa juga dengan sebuah tempat tidur simpel yang lebih rendah dibanding bahan kayu.

4. Dinding Kertas

Salah satu yang mengingatkan pada rumah tradisional Jepang ialah dinding kertasnya. Di kamar pola kamar dengan gaya ini selalu dapat mengaplikasikan jendela kaca dengan dilapisi vertical blinds berwarna suci.

Dengan bingkai kotak-kotak dan efek sinar matahari dalam balik kaca, maka kesan tebal telinga kertas bisa hadir.

(kmj)