4 Cara Buat Ruang Kerja di Rumah, Jangan Lupa Pencahayaan

JAKARTA – Pandemi virus corona mendirikan pemerintah membatasi pergerakan orang berjalan menghindari kerumunan. Aktivitas seperti bergerak dari kantor pun beralih ke rumah .

Supaya kerja di rumah lebih nyaman, ada baiknya menciptakan ruang kerja supaya lebih kaya. Namun sebelum membuatnya, ruang kegiatan di rumah harus mencermati situasi ruang hingga nilai estetika ruang.

Seperti yang dilansir dari tampang Ruang Kerja Praktis di Rumah, karya Astrid Kusumowidagdo, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Berikut beberapa tips penataan ruang kerja di rumah.

Pertama, cermati perihal ruang.

Untuk memulai menata ruang kerja di rumah, perlu dilakukan identifikasi terlebih dahulu mengenai kekurangan dan kelebihan ruang. Lihat kondisi ruang yang dialokasikan untuk bekerja.

Baca Juga:   Rumah Mungil Terlihat Luas dengan Kesempatan Geser

Kemudian mulai mencari inspirasi dengan tahu tren yang ada melalui organ atau buku. Setelah itu, gabungkan ide tersebut dengan kondisi yang ada untuk mengubah ruangan serta membuat ruang tampak nyaman.

Kedua, fungsi ruang.

Perhatikan kegiatan ruang sebagai ruang kerja. Sesuaikan ukuran dan bentuk elemen interior dengan aktivitas bekerja. ‘

Baca Juga:   Arti Fasade dalam Konstruksi, Kaca si Pemilik Hunian

Perhatikan penempatan dan penetapan elemen yang nyaman dan menunjang fungsi ruang tersebut. Jangan lupa amati sirkulasi udara, apakah pas nyaman untuk menunjang kegiatan berfungsi.

Ketiga, pencerahan dan penghawaan yang baik.

Ruang kerja sepantasnya tetap mempertimbangkan pencahayaan dan penghawaan yang cukup. Dengan begitu, suatu ruang akan dinilai nyaman sebab penghuni dalam ruang.

Keempat, estetika.

Estetika merupakan hal penting. Banyak pertimbangan yang akan didapat dari segi estetika ruang. Buat pertimbangan tersebut pilih warna & material yang lebih berpengaruh.

Pemilihan elemen yang benar dan menyatu akan membentuk iklim yang berbeda dan lebih makmur.

(fbn)