3 Tren Warna untuk Ciptakan Mood dalam Kamar

JAKARTA – Warna terbukti mampu menciptakan suasana absurd tertentu. Dengan mewarnai salah satu bidang dinding, suasana ruang kendati akan terlihat berbeda dari sebelumnya.

Ruangan secara warna tertentu dapat membuat rileks, menenangkan, meningkatkan efetivitas kerja, dan sebagainya. Sebaliknya, penataan warna yang tidak tepat justru dapat memproduksi penghuninya tertekan, jenuh, hingga menyandarkan semangat kerja.

  Mengaji juga: Sesuaikan Warna untuk Sejenis Ruangan Berdasarkan Mood, Begini Pilihannya

Secara mudah-mudahan, untuk menentukan tema warna, bisa memilih warna interior bangunan jadi dasar yang mendominasi. Seperti misalnya, rumah bergaya minimalis dapat mengangkat warna-warna netral, sementara rumah bergaya etnik, sebaiknya menggunakan komposisi warna tanah.

Melansir dari buku A-Z Warna Interior: Rumah Tinggal oleh Wirania Swasty, Jakarta, Sabtu (12/9/2020), berikut adalah tips memilih warna untuk menciptakan mood dalam ruang.

  Baca juga: Biar Tak Bosan Masak, Intip 10 Warna Cat Dapur Anti-Mainstream

Pertama, pilih warna yang sesuai dengan kepribadian. Bakal lebih baik jika menggunakan warna-warna favorit.

Kedua, jangan menggunakan warna yang kurang disukai sebagai warna ruangan karakter. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan berada dalam ruang tersebut.

Ketiga, gunakan warna yang dapat dijadikan terapi terbatas, misalnya hijau untuk penyembuhan, warna jingga untuk menambah nafsu prasmanan, dan sebagainya.

(rzy)